19 February 2017

Pengertian Chuunibyou

Pengertian Chuunibyou
Konichiwa minna san, etto
kalian udah tau belum tentang Chuunibyou ?. Kalau kata Chuunibyou pasti sudah sering kalian dengar bagi kalian pecinta Anime, tapi apa kalian udah tau jenis-jenis Chuunibyou ?. Hehe, jika belum tau Saya akan menjelaskan tentang apa itu Chuunibyou dan jenis-jenis dari Chuunibyou, Simak baik baik ya minna san.

Chuunibyou adalah sebuah sindrom yang dapat membuat sang pengidap kerap kali mengkhayal seakan-akan memiliki sesuatu yang luar biasa. Bahkan bisa sampai merasa mereka memiliki sebuah kekuatan supranatural didalam diri mereka. 

PENGERTIAN

Chuunibyou (中二病), kasarnya berarti “penyakit/sindrom/gejala kelas dua SMP”. Chuunibyou merupakan suatu gejala yang di mana seorang anak berusia antara 14 tahunan cenderung memiliki sifat yang sok maupun bersikap yang seolah-olah mereka memiliki sebuah kekuatan supranatural atau hal-hal yang semacamnya, hal tersebut biasanya ditemukan pada anak remaja yang sudah memasuki masa pubertas. Namun tidak dipungkiri juha jika masih ada orang dewasa (SMA ke atas) yang masih bersikap seperti ini.

TIGA JENIS CHUUNIBYOU

Jika menurut buku Petunjuk Chuunibyou, Chuunibyou dibagi menjafi tiga jenis yaitu :

1. DQN (DQN系, dokyun-kei), yaitu cenderung berpura-pura bersikap anti-sosial atau menjadi anak nakal padahal tidak. Biasanya ia mengarang tentang cerita tawuran atau semacamnya. “DQN” bermakna “si anti-sosial” atau “si anak nakal”. Misalnya percakapan seperti ini…

2. Subkultural/Hipster (サブカル系, SubCul-kei), yaitu cenderung memilih non-mainstream atau yang peminatnya sedikit agar ia merasa berbeda. Terkadang orang seperti ini jarang suka budaya sendiri, namun lebih memilih budaya luar agar dianggap keren karena berbeda minat dengan orang lain. (Notes: Bedanya dg Weeaboo, weeaboo merasa dirinya adalah orang jepang / tokoh anime yang sedang terdampar disini)

3. Mata Iblis (邪気眼系, Jakigan-kei), yaitu cenderung merasa memiliki kekuatan supranatural. Jenis ini sering menghayal yang aneh-aneh. Untuk contoh jenis ketiga ini, silakan tonton anime "Chuunibyou demo Koi ga Shitai!"

PANDANGAN DILIHAT DARI SISI PSIKOLOGI & SOSIOLOGI

Faktor pendorong terjadinya interaksi sosial, Identifikasi, merupakan kecenderungan atau keinginan seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain (meniru secara keseluruhan). Identifikasi sifatnya lebih mendalam dibandingkan imitasi karena dalam proses identifikasi, kepribadian seseorang bisa terbentuk. Orang melakukan proses identifikasi karena seringkali memerlukan tipe ideal tertentu dalam hidupnya. Proses identifikasi dapat berlangsung secara sengaja dan tidak sengaja. Meskipun tanpa sengaja, orang yang mengidentifikasi tersebut benar-benar mengenal orang yang ia identifikasi sehingga sikap atau pandangan yang diidentifikasi benar-benar meresap ke dalam jiwanya. Contoh, biasanya pemain bulu tangkis junior punya pemain idola. Setiap idolanya bertanding, dia akan mengamati secara cermat bagaimana gaya dan strategi bermain idolanya tersebut. Kemudian ia meniru dan yakin bisa menjadi seperti idolanya.

PENUTUP

Bagi kebanyakan orang, Chuunibyou sangatlah buruk. Tapi bagi saya Chuunibyou itu menyenangkan . Berkhayal itu menyenangkan bukan ? Tentu saja ! Jika kita berkhayal , sama saja kita berharap kan ? Berharap sama dengan do'a kan ? So , Chuunibyou bisa dijadikan sebagai motivasi juga. Kita berkhayal kita mendapat Ranking 1 dikelas, sama saja kita berdoa kita mendapat Ranking 1 dikelas.

Tetapi jika kamu ternyata memang mengidap sindrom Chuunibyou, ingat ya jangan sampai berlebihan. Karena hal itu dapat mengakibatkan sesuatu yang sangat memalukan. Misalnya kalau kamu merasa dirimu titisan naga, atau misalnya kamu merasa menjadi presiden indonesia. Wah Bahaya itu.

Tetapi, dalam bercosplay, kadang-kadang kita perlu sedikit chuunibyou loh... hihihi..Tapi jangan sampai chuunibyou berlebihan yang nanti malah menjadi weeaboo kronis ya. :D

Bagaimana, apakah kamu berpikir Chuunibyou itu harus dijauhi?
So, berkhayalah setinggi-tingginya namun tetap yang wajar-wajar saja ^^
Pernahkah kamu menjadi Chuunibbyou ? atau jangan2 sekarang kamu masih Chuunibyou?
Share This :
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Add Your Comments

bold <b>b</b>
italic <i>i</i>
underline <u>u</u>
HTML<code></code> use Parser

Emoticon
Parser
😊
😉
😀
😁
😎
😍
😜
😑
😇
💖
😯
😱
😭
👍
🍻

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel